SOP Penjaminan Mutu Penelitian dan SDM ( SOP/PEL/SDM/01 )

  1. LPPM membuat Rencana Induk Penelitian (RIP) yang di dalamnya mencakup Roadmap penelitian, yang menjadi rujukan semua usulan penelitian / jenis penelitian

  2. Standar mutu penelitian, terbagi atas: standar penelitian, standar peneliti dan standar manajemen penelitian

  3. Setiap penelitian yang diajukan harus memenuhi standar penelitian sebagai berikut :

    1. standar arah,yaitu kegiatan penelitian yang mengacuke pada Rencana Induk Penelitian (RIP) yang  disusun berdasarkan visi dan misi perguruan tinggi.
    2. standar proses, yaitu kegiatan penelitian yang direncanakan, dilaksanakan, dikendali­kan,dan ditingkatkan sesuai dengan sistem peningkatan mutu penelitian yang berkelanjutan, berdasarkan prinsip otonomi keilmuan dan kebebasan akademik.
    3. standarhasil,yaitu hasil penelitian yang memenuhi kaidah ilmiah universal yang baku, didokumentasikan dan dideseminasikan melalui forum ilmiah pada aras nasional maupun internasional, serta dapat dipertanggung jawabkan secara moral dan etika.
    4. standar kompetensi,yaitu kegiatan penelitian dilakukan oleh peneliti yang kompeten dan sesuai dengan kaidah ilmiah universal.
    5. standar pendanaan,yaitu pendanaan penelitian diberikan melalui mekanisme hibah blok,kompetisi, dan mekanisme lain yang didasarkan pada prinsip otonomi dan akuntabilitas peneliti.
    6. standar sarana dan prasarana,yaitu kegiatan penelitian didukung oleh sarana dan prasarana yang mampu menghasilkan temuan ilmiah yang sahih dan dapat diandalkan; dan
    7. standar outcome,yaitu kegiatan penelitian harus berdampak positif pada pembangunan bangsa dan negara di berbagai sektor
  4. Standar peneliti antara lain terstandarisasinya peneliti yaitu penilaian terhadap kapasitas peneliti meliputi minat dan kompetensinya. Standar peneliti tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Peneliti utama
    2. Kelompok/anggota tim peneliti
    3. Keterlibatan mahasiswa
    4. Komitmen waktu dan dedikasi
    5. Ketaatan pada etika penelitian
  5. Semua peneliti harus berpedoman pada etika penelitian dalam melakukan penelitian

  6. LPPM sebagai lembaga yang mengelola penelitian harus menerapkan manajemen penelitian yang baik dan efektif, terutama menyangkut struktur organisasi, tugas dan wewenang serta tanggung jawabnya.